WSO2 (ngulik bagian-1)

WSO2

Sudah sekitar sebulan ini saya mengotak-atik atau bahasa gaulnya ‘ngulik’ sebuah software pengembangan aplikasi enterprise ditempat kerja.  jadi ceritanya perusahaan saya ini mencoba berpikir visioner untuk merenovasi software yg running sekarang dengan segala ketidak efektifannya & kekurangannya menjadi software berbasis web dengan segala efisiensi sumber daya fisik maupun non fisik.

WSO2 nama software yang cukup membuat pusing (beruntung tidak membuat saya gila dengan minimnya resource) sekitar sebulan ini. jadi WSO2 ini adalah software open source yang bertindak sebagai penengah (atau bahasa gaulnya middleware) yang kalau boleh dianalogikan seperti konsep MVC dalam pemrograman. posisi penengah disini bisa diartikan sebagai gerbang antara resource dengan client sehingga client tidak secara langsung mengakses resource tersebut (ex:database). mungkin sekilas proses-nya menjadi lebih panjang ketika menggunakan penengah ini, seakan-akan alur proses software menjadi lebih lama. sekilas mungkin benar, tapi harus dilihat dari berbagai sisi juga ketika menggunakan penengah tersebut. secara proses mungkin bisa jadi (seakan-akan) lama padahal penengah ini mempunyai fungsi cache ketika client mengakses resource tertentu, sehingga dengan cache management ini bisa mempercepat dan mereduksi penggunaan resource ketika client yang lain mengakses resource yang sebelumny diakses oleh client lainnya. belum lagi bila dipertimbangkan dari sisi security & availability maka penengah ini mempunyai poin plus lebih.

Yang membuat saya dipusingkan adalah resource untuk mempelajari WSO2 ini yang sangat minim, resource yang paling lengkap adalah dokumentasi yang diberikan oleh pembuat WSO2 sendiri yang sangat abstrak dalam penjelasannya. berbagai media yang memungkinkan mempelajari lebih WSO2 ini telah saya gunakan, mulai dari googling hingga buffering. dan hasilnya mungkin tidak terlalu menggembirakan tetapi tidak juga menyedihkan. ada ilmu-ilmu dasar yang saya dapat yang bisa saya kembangkan.

Bagian pertama  ngulik ini saya beri titik dulu, bagian pertama ini hanya sekedar curhatan insyaallah selanjutnya adalah curahan dari keinginan berbagi.

Bandung, 7 Juli 2013

4 pemikiran pada “WSO2 (ngulik bagian-1)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s