Show Of ‘Truly’ Force

“The Power is Important But Self Confident is more”

    Diatas arena pertarungan dalam sebuah stadion sederhana & klasik. sebuah stadion berbentuk lingkaran yang berdiri angkuh diantara rumah-rumah kecil berwarna mencolok, layaknya seorang yang angkuh & tak sudi bercengkrama dengan sekitarnya. terlihat 2 orang yang seakan bersiap bertarung. bersiap menguras seluruh tenaga agar lawannya terjatuh kalah. suara teriakan manusia yang mengelilingi arena menambah riuh suasana.
“titan…titan…titan….” teriakan yang terdengar diseantero stadion menyebut salah satu dari kedua petarung diatas arena.
Pertunjukan kekuatan antara 2 petarung pun dimulai tanpa dikomandai siapapun. titan yang seakan dijagokan oleh penonton memulai pertunjukan kekuatan dengan menunjukkan otot diseluruh tubuhnya dihiasi seringai kejam kepada lawannya yang terlihat lebih kecil dibanding titan. beberapa saat kemudian ia pun berteriak kencang dengan maksud menciutkan nyali lawannya.
“Haaaaaaaa…..” teriak titan. sesaat suasana senyap karena teriakan titan tapi beberapa saat kemudian kembali riuh meneriakkan nama titan.
Tetapi perkiraan titan meleset, karena ternyata lawannya tidak menampakkan sedikitpun wajah gentar atau takut, malah sebaliknya sang lawan malah tersenyum seakan tidak terpengaruh oleh gertakan lawannya yang lebih besar. eksepresi yang diluar dugaan titan ternyata sedikit menciutkan nyali-nya. pikirannya mulai digelayuti imajinasi akan kekuatan sang lawan yang sangat hebat bahkan bisa mengalahkan titan. Pertarungan belum dimulai tetapi awal kekalahan titan telah terlihat, mentalnya telah jatuh sebelum ia bertanding.

— * —

    Dunia itu penuh dengan keseimbangan (kita harus percaya itu, karena memang seperti itu adanya). ketika ada putih maka hitam membayangi, ketika ada kebaikan ada kejahatan yg mengintai, ketika ada laki-laki maka ada wanita yang mendampingi. dunia penuh dengan keseimbangan dan pasangan yang berlainan. Termasuk juga keseimbangan antara kekuatan dan kelemahan. kekuatan tak akan dikenal tanpa ada kelemahan, begitupun sebaliknya kelemahana tak akan dikenal tanpa ada kekuatan.

    Ada Beberapa manusia terkadang merasa superior dengan kelebihan/kekuatan fisik. kadang dengan rasa superior muncul perilaku intimidatif terhadap manusia yg mereka anggap inferior dengan kekurangan fisik/fisik yg standar. muncul perilaku yg dapat menyakiti perasaan (bukan hanya fisik) terhadap manusia yang mereka anggap inferior. muncul perilaku “perbudakan” terhadap mereka yg dianggap inferior. muncul perilaku tiran terhadap manusia yg mereka anggap inferior.

    Terlalu sombong ketika saya menghakimi perilaku mereka dengan penghakiman salah (biarlah allah yg memberikan penghakiman), tetapi cukuplah saya mengelus dada akan sikap & perilaku mereka. tidak perlu rasanya muncul penghakiman saya terhadap mereka yg merasa superior, karena ketika saya menghakimi maka secara tidak langsung saya merasa superior pula.

    Jujur saja saya cukup jengah dibalut emosi akan sikap & perilaku mereka yg merasa superior dibanding orang lain, selain itu saya pun tidak setuju dengan sikap & perilaku mereka karena saya mempunyai sudut pandang lain mengenai seseorang bisa disebut superior atau inferior. sudut pandang saya tidak terpaku pada fisik, karena saya pikir bersifat fana yg suatu saat nanti pasti lebur dalam tua & waktu. superioritas pada fisik pasti tergantikan dengan inferioritas fisik. itu sebuah kepastian. dan sejarah kehidupan pun sudah menjadi bukti.

    Superioritas yg saya pikir layak dianggap lebih superior dibanding superior fisik adalah superior dalam hal kepercayaan diri. saya pikir superior dalam kepercayaan diri melampaui batas-batas fisik yang mempunyai batas (tua & waktu). berbeda dengan kepercayaan diri yang tidak terkungkung dalam kota sempit bernama fisik. kepercayaan diri bersifat fleksible. seorang yang ringkih bisa mempunyai kepercayaan diri begitupula seorang yg kuat. seorang anak kecil bisa mempunyai kepercayaan diri begitupula seorang remaja & orang tua. tidak ada batasan fisik dalam kerpercayaan diri. semua bisa memiliki-nya.

    Kepercayaan diri bahkan bisa mengintimidasi melebihi intimidasi yg berasal dari intimidasi fisik. orang jepang contohnya. orang jepang sangat percaya diri sehingga mereka berani menantang orang barat yg banyak orang menganggap sangat superior. tapi buktinya orang jepang (yg mewakili orang timur, yg dianggap inferior) bisa bersaing dengan orang barat. tetapi superior yg orang jepang punyai bukan superioritas fisik, tetapi superioritas kepercayaan diri, ketegasan & intelektual/kecerdasan.  maka cukuplah orang jepang menjadi bukti bahwa fisik bukanlah tanda superioritas seseorang.

    kepercayaan diri bisa menjadi semacam katalisator bangkitnya potensi lebih dalam diri seseorang. bila hanya terfokus pada fisik yg serba rata-rata/kekurangan  maka tidak akan ada rasa superior untuk bangkit, tapi bangkitkan kepercayaan diri sehingga rasa superior bangkit sehingga gerak untuk meningkatkan potensi pun terjadi. terjadi ledakan besar. sedikit meminjam teori rhonda bryne dalam buku the secret bahwa ketika terpaku pada kekurangan maka yg ditemui adalah kekurangan lain yang mengejawantah menjadi realita, tetapi ketika terpaku kelebihan (walaupun kecil) maka akan ditemui berbagai kelebihan lain yg mengejawantah menjadi realitas sekaligus muncul kelebihan-kelebihan lain. kelebihan itulah benih superioritas melampaui superioritas fisik.

    Maka janganlah lihat fisik kami yg serba rata-rata / kekurangan, tapi cobalah lihat lebih dalam..kami pun mempunyai kelebihan & superioritas!!!

2 pemikiran pada “Show Of ‘Truly’ Force

  1. benar sekali kang. setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, tapi kelebihan dan kekurangan fisik bukan faktor utama potensi seseorang bisa berkembang yang paling penting semangat dari dalam dirinya sendiri (kepercayaan diri). I like it🙂

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s