Inspirasi Pengemudi Mobil

“Hikmah itu Milik Setiap Orang yang menemukannya”

    Setiap Orang pasti pernah menaiki mobil, tapi tidak semua orang bisa mengendarai mobil. Karena dalam mengendarai mobil dibutuhkan keahlian & teknik. Tulisan ini saya buat tidak untuk mengajarkan teknik mengendarai mobil. karena jujur, saya sendiri pun tidak mahir bahkan tidak bisa mengendarai mobil. Atau lebih tepatnya belum bisa atau belum mahir karena saya yakin suatu saat nanti saya akan dan harus bisa mengendarai mobil.

    Tulisan ini saya buat karena saya merasa ada sebuah hikmah atau inspirasi dalam mengendarai mobil. Sebuah hikmah yang saya temukan dan saya pikir sangat berguna bagi saya sebagai salah satu modal untuk menjalani kehidupan dengan berbagai visi atau target-an hidup yang sudah saya canangkan. Dan melalui tulisan ini saya ingin mendokumentasikan hikmah yang saya dapatkan ini sehingga saya bisa membaca & meresapi makna dibalik hikmah yang saya temukan ketika nanti saya membutuhkannya kembali.

    Saya baru menyadari ternyata ada sebuah hikmah terselubung dalam mengendari mobil. Sebuah hikmah yang baru tersingkap secara kebetulan sepanjang perjalanan saya menuju rumah. Hikmah tersebut sangat berkaitan dengan Waktu / Masa & Bagaimana kita menjalani hidup serta merealisasikan berbagai tujuan hidup yang telah saya canangkan.

Apa hubungan Mobil dan Waktu / Masa?

    Ketika seorang pengemudi mengendarai mobil maka setidaknya pengemudi tersebut harus fokus (selama perjalanan menuju tempat tujuan) pada : jalan didepannya, Kaca Spion disamping kanan & kirinya serta mobil yang ia kendarai. selama mengemudi maka seorang pengemudi harus fokus pada jalan didepannya karena bisa jadi jalan didepannya ada halangan berupa penyebrang, kendaraan lain yang berada didepan atau rambu-rambu yang harus diperhatikan. Lalu pengemudi pun sesekali harus melirik kaca spion didepan & dibelakang untuk melihat bila ada kendaraan dibelakangnya yang akan menyalip ataupun ketika mobil yang sedang dikendarai akan belok maka seorang pengemudi haruslah melihat ke kaca spion untuk menghindari tabrakan. Jangan lupakan pula selama perjalanan seorang pengemudi pun harus memperhatikan dan mengendalikan mobil yang ia kendarai. Berapa kecepatan yang harus dipacu agar sampai tempat tujuan tepat waktu, posisi gigi-pun mobil yang harus disesuaikan dengan kecepatan mobil belum lagi seorang pengemudi pun harus memperhatikan mesin mobil & bensin.

    Bila dihubungkan dengan hidup yang setiap manusia jalani sejatinya seorang pengemudi beserta mobil yang dikendarainya bisa diibaratkan adalah manusia, lalu jalan yang di depan merupakan masa depan & berbagai tujuan hidup yang telah saya targetkan, kaca spion adalah berbagai masa lalu saya serta setir & kondisi mobil adalah masa sekarang.

    Ketika saya menjalani kehidupan maka porsi masa sekarang adalah porsi terbesar, karena masa sekarang adalah masa dimana setiap manusia menjalani kehidupan untuk merealisasikan berbagai target hidu-nya. Masa sekarang-lah masa untuk berusaha untuk merealisasikan berbagai tujuan/targetan hidup. berbagai komponen masa sekarang menjadi pendukung terealisasikannya tujuan/target hidup. seberapa cepat pengendara mengendarai mobil maka berpengaruh pada waktu sampai pada tujuan kita. begitu pula cepat lambat-nya manusia berusaha berpengaruh pula pada waktu tercapainya target/target hidup. lalu apakah sepanjang perjalanan pengemudi menepi untuk sekedar menikmati pemandangan juga berpengaruh pula pada waktu tempuh untuk mencapai tujuan. singkatnya waktu sekarang-lah waktu untuk berusaha.

    Masa lalu yang diibaratkan dengan kaca spion memiliki fungsi juga terhadap usaha untuk mencapai tujuan/target hidup. memang masa lalu adalah masa yang sudah terlewati, tapi bukan berarti masa lalu adalah masa yang terbuang begitu saja tanpa ada arti ataupun manfaat. bila diibaratkan dengan kaca spion maka sebenarnya masa lalu mempunyai fungsi pula. salah satu-nya adalah agar manusia bisa lebih hati-hati dalam melakukan berbagai usaha untuk mencapai tujuan (sama seperti kaca spion yang menunjukkan kendaraan dibelakang sehingga setidaknya mengurangi resiko kecelakaan apalagi ketika seorang pengendara akan berbelok maka kaca spion sangat berguna). Salah rasanya apabila ada sebagian orang yang beranggapan bahwa masa lalu adalah kenangan, karena masa lalu bukan hanya kenangan tapi juga modal untuk kita berusaha dimasa sekarang menuju masa depan. tapi salah pula apabila manusia terlalu terpaku pada masa lalu (terlalu terlalut berlaru-larut memikirkan masa lalu),karena apabila manusia sangat terpaku pada masa lalu setidaknya akan membuat manusia tidak bisa beranjak dari masa lalu sehingga tidak berusaha di masa sekarang (karena terpaku pada masa lalu) yang berdampak pula pada ketercapaian berbagai target/tujuan hidup di masa depan. layaknya seorang pengemudi yang terlalu fokus pada kaca spion dikanan & kirinya maka resiko kendaraan yang ia kemudikan akan kecelakaan (menabrak) akan semakin besar. maka cukuplah masa lalu menjadi pengalaman berharga yang menjadi modal kita berusaha.

    Seharusnya yang menjadi fokus manusia menjalani hidup adalah masa depan (yang dalam berkendara diibaratkan dengan jalan didepan pengemudi). kemana tujuan & melalui jalan mana sudah seharusnya ditentukan diawal ketika akan berusaha, sama seperti pengendara yang mempersiapkan segala sesuatu-nya untuk perjalanan. mulai dari kondisi kendaraan, barang bawaan, tempat tujuan dan tentu saja rute perjalanan yang efektif dan tidak menyita waktu.

    Maka sebenarnya rangkaian waktu (Masa Lalu – Masa Sekarang – Masa Depan) saling terkait dan tidak didikotomi-kan diantaranya. Masa Sekarang pasti membutuhkan Masa Lalu yang menjadi modal menuju masa depan, Masa Depan pasti membutuhkan masa sekarang agar masa depan tercapai dan terjadi serta masa lalu pun membutuhkan masa sekarang dan masa depan agar ada progresifitas yang terjadi.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

