Proses Itu Bernama “Ngulik”

    Dunia Teknologi merupakan dunia yang sangat luas dan terus berkembang setiap hari bahkan detiknya. ketinggalan perkembangannya maka bersiaplah untuk mengejar dengan sangat keras, karena perkembangan sekarang bisa jadi menentukan perkembangan-perkembangan selanjutnya. atau dengan kata lain perkembangan yang satu akan menjadi fundamen perkembangan yang kedua,sangat berkaitan perkembangan dalam dunia teknologi.

    Dunia Teknologi sering disimbolkan dengan dunia komputer, walaupun sebenarnya duniat teknologi lebih luas dari sekedar dunia komputer. Tetapi seperti sudah menjadi simbol yang tidak bisa digantikan lagi, maka dunia komputer adalah dunia teknologi. Penyimbolan tersebut sepertinya sebuah kewajaran, karena di era yang terus berkembang saat ini dimana pekerjaan-pekerjaan yang duhulu dikerjakan secara manual / primitif oleh tangan manusia mulai tergantikan oleh alat-alat canggih nan otomatis yang dikendalikan oleh komputer dan manusia  tinggal duduk manis menyaksikan pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya tangan mereka mengerjakannya telah tergantikan oleh tangan-tangan mesin yang dikendalikan oleh komputer.

    Dunia komputer semenjak dulu memang sudah membuat saya sangat tertarik dan menggilainya. Pertama kali saya berinteraksi dengan komputer adalah ketika saya masih duduk disekolah dasar, masih ingat betul komputer yang pertama kali saya gunakan adalah komputer jadul dengan prosesor dibawah pentium 1 Dan aplikasi yang sangat saya sukai adalah aplikasi game kartu (karena waktu itu belum terlalu booming game-game seperti sekarang). Ketertarikan dan kegilaan saya pada dunia komputer berlanjut sampai ketika saya masuk dunia perkuliahan. dunia komputer telah menjadi orientasi jurusan perkuliahan saya, ketika harus memilih jurusan perkuliahan maka pilihan saya hanya dua : Teknik Informatika & Ilmu Komputer. tidak ada yang lain. walaupun sebenarnya orang tua saya memberikan masukan lain, tetapi dalam pikiran saya hanya ada satu objek yang menjadi tujuan saya memilih jurusan di perkuliahan yaitu Komputer.

    Ketika saya memilih jurusan komputer di perkuliahan, bukan semata orientasi saya untuk dunia kerja / penghasilan yang saat itu katanya sangat prospektif tetapi karena saya benar-benar tertarik untuk mengetahui & menguasai seluk beluk komputer dari A sampai Z-nya. Tetapi hasrat besar untuk mengetahui seluk beluk komputer seakan bertemu kekecewaan ketika saya mulai berkuliah, karena ternyata saya seperti tidak mendapatkan apapun dari ruang-ruang & pertemuan-pertemuan perkuliahan. Saya seperti hanya diajarkan kulit luar dari dunia komputer. Ketika itu saya kecewa, dalam pikiran saya sempat terlintas sebuah pertanyaan apakah saya salah memilih perguruan tinggi ataukah memang seperti ini sebuah proses perkuliahan?. Akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa diri saya terlalu menaruh harapan besar pada ruang-ruang & pertemuan-pertemuan perkuliahan yang saya pikirkan akan memasok pengetahuan dan keahlian komputer pada diri saya.

    Ternyata kekecewaan yang saya temui tidak memadamkan hasrat saya sedikit pun, maka saya mencari cara untuk memenuhi hasrat saya tersebut. Setelah pemikiran yang cukup lama untuk mencari cara memenuhi hasrat dalam diri saya, maka saya menemukan sebuah jawaban. sebuah jawaban yang memang sudah seharusnya sejak dulu saya lakukan. jawaban itu adalah Belajar Otodidak atau saya lebih senang menyebutnya “NGULIK”. Bila saya terlalu bertumpu pada materi-materi perkuliahan maka pengetahuan dan keahlian yang saya dapat sangat terbatas, berbeda ketika saya “ngulik” maka saya dengan sangat bebasnya bisa memilih materi yang ingin saya pelajari dan kuasai.

    Proses “Ngulik” yang saya lakukan ini bisa dibilang memasok pengetahuan dan keahlian komputer yang sangat banyak pada saya (tanpa mengenyampingkan pengetahuan dan keahlian yang saya dapat pula dari materi perkuliahan). Pengetahuan dan keahlian yang tidak diberikan di ruang-ruang & pertemuan-pertemuan perkuliahan saya kuasai karena proses “Ngulik” ini. Selain itu, proses “Ngulik” ini pun meng-update informasi seputar dunia komputer terbaru sehingga saya pun tidak ketinggalan informasi terbaru seputar perkembangan dunia komputer.

    Saya pun ingin sedikit memberikan semacam saran bagi mahasiswa yang mengambil jurusan komputer. Janganlah terlalu bergantung pada materi perkuliahan yang diberikan dosen diruang-ruang perkuliahan, tetapi bangunlah kesadaran dan kebiasaan untuk mempelajari dan menguasai dunia komputer yang diminati secara mandiri. karena dengan kesadaran dan kebiasaan ini maka pengetahuan & keahlian seorang mahasiswa komputer tidak rata-rata atau lebih parahnya dibawah rata-rata, tetapi haruslah menjadi seorang mahasiswa komputer dengan skill yang mumpuni bahkan menjadi seorang spesialis. Harus diingat bahwa dunia komputer itu terus berkembang, ketinggalan sedikit saja maka bersiaplah menjadi seorang yang ketinggalan jauh. Di awal mungkin susah membangun budaya kemandirian ini, tetapi percayalah ada sebuah kenikmatan yang susah diungkapkan ketika menemukan hal baru apalagi ketika membuat sesuatu yang baru yang merupakan hasil kemandirian.

Tinggalkan Komentar

