Awal Hari Tanpa Semangat

Saya awali hari ini dengan ketidak antusias-an & seperti tanpa semangat menjalani hidup. Di pagi hari saya benar-benar seperti ingin menghabiskan seharian penuh dengan berleha-leha tanpa melakukan aktivitas apapun. Entah apa penyebabnya, saya sempat berpikir keras penyebabnya tapi saya tidak menemukan penyebabnya. Karena ketidak mampuan saya menemukan alasan awal pagi tanpa keantusiasan dan semangat hidup, maka saya alihkan dengan memikirkan hal-hal yang bisa membangkitkan antusiasme dan semangat hidup. Saya Pikirkan berbagai target hidup saya yang dari sekarang harus saya upayakan untuk mencapainya. Karena sebuah kemustahilan sebuah target hidup bisa terwujud dengan instan tanpa proses, segala sesuatu membutuhkan proses. Allah SWT pun mengajarkan pentingnya proses, Allah mengajarkan mahluknya tentang pentingnya proses dengan berbagai kejadian-kejadian yang terjadi di alam semesta. Dimulai ketika penciptaan alam semesta yang diciptakan dalam waktu 7 hari padahal bukanlah sesuatu yang susah apalagi mustahil bagi Allah SWT untuk menciptakan alam semesta dengan instan. Kun Fa Yakun. Atau kejadian terbentuknya manusia yang dimulai dari cairan hina bernama Mani yang kemudian menjadi gumpalan darah dan melalui tahapan-tahapan lainnya yang kemudian terlahir lah seorang manusia.

Maka sebuah proses harus dimaknai sebagai sebuah keniscayaan dalam mencapai titik akhir, sebuah titik awal yang terhubung dengan sebuah titik akhir pastilah ada penghubung. Maka penghubung itu bernama proses. Maka saya mencoba lebih memaknai & menghayati proses, karena sejatinya proses adalah sebuah tahap menuju sebuah titik yang dituju.

Tinggalkan Komentar

