Bagian Masa Lalu

    Ada bagian dari hidup kita yang tak perlu lagi dipikirkan dan diungkit lagi. biarlah itu menjadi kenangan masa lalu yang kita ambil pelajaran/hikmahnya. biarlah itu menjadi catatan kaki dari rangkaian kejadian hidup kita, yang sewaktu-waktu kita butuhkan untuk menatap hari ini melesat ke masa depan yang dituju. biarlah itu menjadi penghias kehidupan kita yang akan menjadi indah ketika kita mampu merangkainya.

    Tidak perlu beberapa bagian hidup kita dimasa lalu terus membayangi kita, membuat kita tidak bisa beranjak dari kubangan kelamnya. padahal sejatinya sangat mudah kita keluar dari kubangan bagian hidup kita dimasa lalu, hanya saja diri kita membuatnya seakan kita terus tenggelam. jangan lah kita terus bernostalgia dengan bagian hidup kita dimasa lalu membuat kita hanya melamun tanpa sedikitpun ingin sadar dari lamunan dan mulai bergerak.

    Tidak ada yang salah dengan bagian dimasa lalu, seburuk apapun bagian masa lalu itu apalagi bagian terbaik dari masa lalu. jangan menjadikan bagian buruk masa lalu menjadi aib yang mencoreng hidup kita apalagi menjadikannya luka menganga yang terus kita pelihara menjadi borok yang tak kunjung sembuh. biarlah bagian buruk masa lalu menjadi pengalaman hidup untuk menjalani hari dan esok. Karena sejatinya setiap dari kita pernah melakukan dan mengalami bagian terburuk dari masa lalu

    Jangan pula kita terlalu lama melayang dengan bagian terbaik masa lalu. biarlah bagian terbaik masa lalu kita menjadi prestasi yang mencerahkan hidup kita. kita harus ingat bahwa segala sesuatu ada pergilirannya, sama seperti ketika kita mulai terbang maka suatu saat mungkin kita akan jatuh dengan kerasnya ke bawah. maka biarlah bagian terbaik masa lalu menjadi kenangan indah yang menerangi hari ini & menerangi jalan gelap esok .

    Semua ada masanya. Masa lalu mungkin bukan masa terbaik kita, mungkin masa sekarang masa kita. atau mungkin masa lalu & masa sekarang bukan masa kita tetapi masa esok adalah masa kita. janganlah pesimis dengan bagian buruk masa lalu, masih ada masa lagi yang siap kita ubah menjadi bagian terbaik diri kita.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s