Pelajaran dari 5 Komik Manga Jepang

 

           Ada pelajaran menarik yang saya dapat dari membaca 5 komik manga jepang yang saya pernah baca, kelima komik itu adalah : Naruto, Katekyo Hitman reborn, Gamaran, Slam Dunk, One Piece. Kelima Komik Manga Jepang tersebut memiliki pelajaran yang sama, yang menurut saya sangat berharga.

            Bagi penggemar komik manga jepang, maka sudah pasti mengenal komik naruto. Komik yang mempunyai cerita mengenai dunia ninja serta mempunyai tokoh utama bernama Naruto. Naruto adalah seorang anak laki-laki yang berkeinginan menjadi ninja hebat dan mempunyai cita-cita menjadi seorang Hokage (pemimpin desa ninja), hanya saja ternyata Naruto tidak mempunyai bakat menjadi seorang ninja bahkan ceroboh. Selain itu, Naruto mempunyai rahasia didalam tubuhnya, rahasia tersebut adalah silumah rubah yang membuatnya dijauhi oleh penduduk desa. Tetapi setelah lama berlatih naruto ternyata mempunyai potensi dalam dirinya yang membuatnya diakui & tidak dijauhi oleh penduduk desa. Potensinya pun bukanlah berupa kekuatan tetapi berupa kerja keras, dan lambat laun Naruto pun diakui sebagai seorang ninja hebat oleh penduduk desa

Selanjutnya adalah komik Katekyo Hitman Reborn. Komik Katekyo hitman reborn bercerita seputar dunia mafia dengan tokoh utama bernama tsunayoshi. Tsunayoshi adalah seorang murid SMA disebuah sekolah SMA dan menjadi bahan olok-olok temannya karena dengan kecerdasannya yang dibawah rata-rata serta seperti tidak mempunyai kelebihan apapun. Tetapi hidup tsunayoshi berubah reborn datang kedalam kehidupannya sebagai seorang guru privat, reborn bukanlah seorang guru privat biasa melainkan seorang mafia cerdas yang diutus oleh keluarga mafia untuk mendidik tsunayoshi agar siap menjadi penerus tahta keluarga mafia tersebut. Dengan bimbingan reborn ternyata tsunayoshi mempunyai sebuah potensi yang luar biasa, yaitu potensi menjadi seorang leader/pemimpin & kekuatan yang hebat. Awalnya seorang murid SMA biasa tsunayoshi berubah menjadi calon pemimpin keluarga mafia yang diakui oleh keluarga mafia lainnya

Lalu Komik gamaran, bercerita tentang samurai dimasa lalu di era kekaisaran jepang. Tokoh sentral dari komik ini adalah gama, seorang pemuda yang juga seorang anak dari samurai pembunuh yang sangat hebat. Dari awal memang gama mempunyai kemampuan menjadi samurai hebat, bukan karena dia keturunan dari seorang ahli samurai pembunuh yang hebat tetapi karena ia punya potensi dalam bertarung samurai yang terus diasah sehingga kemampuanya berkembang pesat seiring dengan pengalamannya dalam bertarung samurai.

Luffy dan ketujuh krunya merupakan tokoh sentral dari komik one piece. Seluruhnya mempunyai kemampuan masing-masing, luffy sebagai kapten pun mempunyai kemampuan yang membuat tubuhnya seperti karet, kemampuan ini luffy didapat karena dia memakan buah setan. Ternyata, selain mempunyai kemampuan dari buah setan tersebut luffy pun mempunyai potensi dari dalam dirinya yang dinamakan HAKI Raja (mungkin seperti sebuah tenaga dalam), Potensi ini baru muncul & diketahui ketika luffy mencoba menyelamatkan kakaknya yang akan dihukum mati. Selanjutnya potensi luffy dilatih sehingga luffy pun bisa meningkatkan & menggunakan potensi tersebut.

Dan yang terakhir adalah komik Slam Dunk. Berbeda dengan komik-komik sebelumnya, komik slam dunk ini terasa lebih nyata karena tidak ada hal yang super seperti komik naruto dan one piece, serta slam dunk pun mempunyai setting kekinian sehingga terasa benar-benar nyata. Tokoh sentral dari komik ini adalah hanamichi sakuragi. Sakuragi (panggilan dari hanamichi sakuragi) merupakan seorang murid kelas 1 sebuah SMA dijepang bernama SMA Shoukou. Awalnya sakuragi merupakan seorang pembuat masalah sehingga murid-murid lain enggan untuk bergaul dengannya dan yang menjadi hobinya adalah berkelahi dengan siapapun yang dia anggap menyebalkan walaupun orang itu adalah seniornya, tetapi semuanya berubah ketika ia bertemu seorang murid perempuan yang sama-sama kelas 1 di SMA tersebut. Murid perempuan tersebut menyukai basket & mempunyai kakak seorang kapten ekstrakulikuler tim basket di SMA tersebut. Maka untuk memikat murid perempuan tersebut sakuragi masuk tim basket, padahal sakuragi tidak mempunyai kemampuan bermain basket tetapi karena untuk memikat perempuan yang diidamkannya sakuragi tetap bersikeras masuk ke tim basket sma ini. Tak disangkat ternyata sakuragi mempunyai potensi menjadi seorang pemain basket hebat, walaupun awalnya dia selalu melakukan kesalahan dalam bermain basket tetapi setelah kerja keras & tekadnya dalam bermain basket maka potensi-nya pun dalam bermain basket muncul dan pelatih tim basket sma ini pun melihat potensi itu sehingga pelatih pun optimis bahwa sakuragi akan menjadi seorang pemain basket hebat dimasa depan.

            Kelima komik manga yang saya sempat baca ternyata mempunyai kesamaan pelajaran penting yang bisa saya dapat, yaitu bahwa setiap orang mempunyai potensi, Optimisme & kerja keras. Saya baru menyadari pelajaran dari kelima komik tersebut setelah mencermati alur cerita-nya ternyata kelimanya mempunyai pelajaran penting. Ternyata orang jepang tidak sekedar hanya membuat komik semata, tetapi juga menyisipkan pelajaran kehidupan yang penting yang membuat saya berpikir mungkin sikap seperti ini yang membuat jepang mampu bangkit dari keterpurukan setelah peristiwa hiroshima & nagasaki. Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa setelah peristiwa pemboman hiroshima & nagasaki kondisi jepang sempat terpuruk tetapi ternyata keterpurukan tersebut tidak berlangsung lama. Mungkin saja dari ketiga hal tersebut(bahwa setiap orang mempunyai potensi,optimis & kerja keras) bangsa jepang dapat dari keterpurukan sehingga menjadi bangsa sebesar sekarang.

            Dari kelima Komik tersebut sangat menekankan bahwa setiap orang pasti mempunyai potensi, apapun potensi itu tanpa melihat apakah orang tersebut pintar atau bodoh, kaya atau miskin, ganteng atau jelek dan masih banyak faktor lainnya. Salah satu contoh adalah dalam komik slam dunk, hanamichi sakuragi awalnya tidak menyukai basket tetapi dengan keterpaksaan agar bisa memikat hati perempuan idamannya ia pun terpaksa bergabung dengan tim basket. Tetapi tanpa disangka ternyata ia mempunyai potensi menjadi seorang pemain basket (tetapi hanamichi sakuragi sedikit konyol, ia mengklaim bahwa ia seorang jenius). Pembuat komik ini benar-benar bisa membuat komik & menyisipkan nilai didalamnya. Saya pun setelah membaca komik, merasa optimis bahwa saya mempunyai potensi (selain itu, kelebihan komik slam dunk ini bisa membuat emosi saya dipermainkan sesuai alur cerita-nya).

            Tetapi potensi kita tidak bisa begitu saja dibiarkan, tetap potensi kita tersebut harus dibarengi dengan sikap optimis dan kerja keras. Sehingga potensi yang awalnya masih malu-malu untuk keluar dari dalam diri kita, dengan sikap optimis & kerja keras maka potensi kita itu menjadi kelebihan diri kita yang meledak.

            Ketiga sikap ini harusnya dicontoh oleh seluruh bangsa indonesia yang saat menurut saya ini masih dalam keterpurukan. Karena saya mencermati terlalu banyak hal negatif yang mendominasi indonesia, mulai dari carut marut pemerintahan sampai kemiskinan bahkan media pun turut menjadikannya konsumsi bagi penduduk indonesia sehingga menjadi penduduk indonesia benar-benar terpuruk secara mental yang menjadikannya serba pesimis dalam melihat potensi kemajuan & perbaikan negara indonesia. Seharusnya indonesia mencontoh jepang dalam bersikap, yang bahkan tercermin dalam komik-nya yang notabenenya adalah media hiburan. Sikap optimis dan melihat bahwa setiap orang mempunyai potensi yang bisa meledak bila bekerja keras untuk lebih memunculkan dan meningkatkan potensi tersebut, bukan fokus pada hal negatif atau kekurangan yang tidak berguna.

            Yakinlah bahwa setiap kita mempunyai potensi, yang dengan optimisme dan kerja keras maka potensi tersebut akan meledak menjadi kelebihan diri kita. Janganlah fokus pada kekurangan diri kita, fokus pada kekurangan akan membuat kita tidak berkembang dan cenderung pesimis.

             Tulisan bukan-lah upaya untuk menggalakan membaca komik, tetapi ketika kita membaca maka kita harus mendapat keuntungan atau meminjam istilah Pak Hernowo dalam buku mengikat makna “AMBAK : Apa Manfaatnya Bagiku”. Ayo Membaca..

            Wallahua’alam..

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s