Proses

   Dalam perjalanan kehidupan pasti segala sesuatunya membutuhkan proses, tidak bisa instan. ada awal dan akhir maka ditengahnya ada proses, akan aneh bila awal dan akhir tanpa ada proses ditengahnya seperti manusia yang baru lahir langsung menjadi seorang dewasa tidak ada proses dari seorang bayi menjadi seorang dewasa. bahkan Allah SWT pun memberikan pelajaran mengenai proses ini ketika Allah SWT menciptakan alam semesta ini yang tidak langsung jadi tetapi ada tahapannya (tetapi bukan berarti Allah SWT tidak bisa melakukannya sekejap mata tanpa proses) yang konon katanya diciptakan alam semesta dalam waktu 7 hari (hanya allah yang tahu kenapa alam semesta diciptakan secara bertahap tidak secara instan)

   Manusia sebagai seorang mahluk tidak bisa keluar dari kaidah proses ini, segala sesuatunya tidak bisa instan tetapi membutuhkan proses. dari mulai manusia lahir lalu menjadi seorang anak kemudia remaja yang akhirnya meninggal , itu semua tidak keluar dari kaidah proses tapi tetap dalam jalur kaidah proses segala sesuatunya. ketika ingin menjadi pintar maka manusia membutuhkan proses menjadi pintar dengan belajar. ketika manusia ingin menjadi sukses maka manusia membutuhkan proses dengan berusaha dan kerja keras. bahkan sampai manusia akan meninggal pun membutuhkan proses berupa sakaratul maut. segala sesuatunya membutuhkan proses.

   Tetapi akhir-akhir ini ada segelintir manusia yang ingin keluar dari kaidah proses ini, mereka ingin instan menjadi sesuatu yang mereka inginkan. mereka ingin kaya tetapi mereka tidak mau menjalani proses bekerja dan berusaha maka mereka melakukan pencurian atau korupsi. mereka ingin pintar tetapi mereka tidak mau menjalani proses belajar maka mereka melakukan pemalsuan dan penyuapan agar mereka “terlihat” pintar.

   ketika mereka berusaha keluar dari kaidah proses maka sebenarnya mereka sedang mengguncang kaidah proses yang berdampak pada ketidak stabilan dan bisa berimplikasi juga pada orang-orang sekitarnya. ketika mereka ingin kaya tanpa mereka menjalani proses lalu mereka melakukan pencurian/korupsi maka akan orang-orang disekitarnya akan merasakan dampak dari upaya mereka keluar dari kaidah proses itu, orang-orang itu akan rugi karena harta mereka diambil dan kemarahan pun semakin memuncak.

   Oleh Karena Itu kaidah proses itu suatu keniscayaan bagi siapapun di dunia ini tanpa terkecuali, karena sesungguhnya bukan hanya hasil akhir yang dijadikan target tetapi juga dibutuhkan kekhusyuan dalam menjalani perjalanan proses. sesungguhnya ada kenikmatan dalam perjalanan proses, karena proses menentukan hasil akhir.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s