Benarkah “Politik = Kotor???”

Banyak orang yang bilang bahwa politik itu kotor. mereka berkata seperti itu (mungkin) karena melihat realitas partai-partai politik yang seperti memperebutkan kekuasaan untuk melanggengkan hegemoni kekuasaan partai politik mereka disuatu negara apalagi kalau ditambah dengan realitas pemerintah yang seperti tidak berdaya mengurusi rakyat &  negara.

Lalu apakah benar bahwa “Politik = kotor”????

menurut Ibnu Aqil :

Politik adalah hal-hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rosulullah S.A.W

apabila memandang salah satu pengertian politik menurut pandangan ibnu aqil tersebut maka sebenarnya bukanlah sebuah hal yang “kotor” melainkan hal yang baik karena merupakan salah satu aktifitas untuk mendatangkan sebuah kemashlatan banyak orang serta meminimalisir kerusakan. sedangkan aktifitas merebut kekuasaan merupakan salah satu bagian dari aktifitas politik diantara banyak aktifitasnya yg lain.

Lalu Kenapa akhir-akhir ini banyak orang yang mengidentikkan politik dengan sesuatu yang kotor atau bahkan terhina (entah itu bagi pelaku-nya maupun aktifitasnya). rasanya kalau ditelisik lebih dalam image “politik=kotor” adalah hasil kesimpulan atas perilaku “oknum” politik yg melakukan hal-hal bukan untuk kepentingan bersama/rakyat tetapi lebih mementingkan hal-hal yg dapat memberikan keuntungan bagi pribadi maupun “kendaraan” politiknya sehingga membuat sebagian bahkan banyak orang seakan antipati terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan politik.

padahal esensinya tujuan dari aktifitas politik adalah untuk mendatangkan kemashlahatan bersama, tetapi karena sebagian oknum maka esensi tersebut tercemari sehingga menghasilkan sifat antipati bagi sebagian orang

wallahu’alam..
(edisi beropini saja)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s