Sebuah Refleksi akhir tahun

       waktu…
ketika orang berbicara waktu maka pasti dikaitkan dengan umur, sebuah kata yang galib diucapkan tapi gaib untuk diketahuai. mustahil seseorang mengetahui tentang kapan akan berakhir hitungan umur seorang manusia.

   “Kapan lo mati??”

    ada yang bisa jawab?? maka dapat dipastikan jawabannya adalah “gelengan kepala” diiringi gumaman kecil “nggak”.
munafik rasanya apabila seseorang bisa mengetahui kapan meninggalnya seseorang sedangkan kematiannya dia sendiri dia tidak mengetahui. terlalu berlebihan ketika membicarakan waktu kematian seseorang atau bahkan diri kita sendiri karena janganpun membicarakan kematian, berbicara 1 detik kedepan atau 1 menit kedepan atau 1 jam kedepan  tentang keadaan kita pun rasanya terlalu sulit bahkan mustahil untuk dipastikan. karena lagi-lagi seorang manusia tidak bisa melewati batasan waktu.

   teringat sebuah film barat yang bertemakan tentang perjalanan waktu dimana karakter utama dalam film tersebut membuat sebuah mesin waktu yang dapat mengantarkan siapapun untuk pergi ke masa lalu dan masa depan. sebuah film yang diluar nalar dan penuh imajinasi. karena bagaimana caranya bisa mengantarkan ke masa depan sedangkan masa depan ditentukan oleh masa sekarang yang sedang kita jalani. maka sebuah kemustahilan kita bermain-main dengan waktu karena benar bahwa waktu adalah kesempatan pertama & terakhir dalam hidup, ketika mendapatkan waktu sekarang maka bisa dipastikan kita tidak akan bisa lagi mendapatkan waktu ini untuk kedua kalinya. dan lagi waktu terus berjalan bagaikan siklus ketika waktu sekarang lewat maka kita akan mendapatkan lagi kesempatan waktu selanjutnya yang lagi-lagi bersifat pertama & terakhir.

   sebuah kemubaziran ketika menggunakan waktu sekarang untuk hal yang tidak berguna dan menganggap bahwa masih waktu lagi selanjutnya, padahal hakikatnya waktu sekarang dan waktu selanjutnya bisa jadi berbeda. berbeda dalam keadaan ketika menggunakan waktu tersebut & berbeda pula dalam kondisinya. Oleh karena itu marilah kita gunakan waktu sebaik mungkin & tanpa membiarkannya lewat begitu saja

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s