HINDARILAH KRITIKAN

Budaya Mengkritik saat ini seakan telah mendarah daging dalam setiap sendi kehidupan, hampir dalam setiap aktivitas kegiatan pasti ada bahan untuk kritikan masuk kedalamnya terlepas dari benar atau salahkan objek kritikan tersebut.

ketika benar maka kritikan akan menjadi sumber intropeksi dan perbaikan tetapi ketika salah, maka kritikan akan menjadi bahan perpecahan atau permusuhan bahkan mungkin sampai dendam.kritikan benar-benar mempunyai dampak yang sangat besar terhadap objek kritikan tersebut bahkan mungkin sampai lingkungannya.

Dale Carnagie dalam bukunya yang berjudul “How to win friends and influence people”  bahwa apapun jenis kritikan tetap saja kritikan tersebut bukan berdampak membangun tapi malah menjatuhkan, karena disadari atau tidak bahwa kritikan merupakan upaya untuk menjatuhkan harga diri seseorang. sehingga sehalus bagaimanapun sebuah kritikan dan seikhlas apapun yang mendapat kritikan tetap kritikan tersebut tidak akan pernah mendatangkan sesuatu dampak positif yang membangun.

Jadi sebisa mungkin hindari untuk mengkritik orang lain karena secara tidak langsung kritikan yang kita lontarkan kepada orang lain berdampak yang buruk pada kondisi psikologis orang yang menjadi objek kritikan kita.

wallahua’alam…

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s