KEMATIAN

           Kematian merupakan sebuat hal dahsyat dan mungkin mengerikan bagi sebagian manusia yang pasti dialami oleh setiap manusia. Kematian merupakan sebuah tahapan yang harus dilalui oleh setiap manusia sebelum manusia tersebut menuju ke alam lain yang berbeda dari alam dunia yang sekarang kita jalani ini.

            Kematian merupakan pintu gerbang sebelum kita mengalami alam kubur dan alam barzah atau alam akhirat,

            Kematian merupakan proses yang mengerikan bagi orang yang tidak beriman

            Kematian merupakan proses yang di idam-idamkan oleh para mu’min karena dia akan segera berjumpa dengan rabb-nya yang selama ini dia rindukan

            Kematian merupakan sebuah pemaksaan bagi manusia untuk melepaskan ruh-nya dari jasadnya, Allah berfirman :

            “Sekiranya kamu berada dirumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ketempat mereka terbunuh”,dan allah berbuat demikian untuk menguji apa yang ada didalam dadamu dan untuk untuk membersihkan apa yang ada didalam hatimu.Allah mengetahui isi hatimu (QS Al Imran:154)

            Kematian tidak bisa dihambat dan tidak ada apapun dan siapapun yang bisa menghambatnya kecuali Allah.dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun, kematian bisa menghampiri kapan saja tanpa ada orang yang bisa memprediksi-nya. Bahkan ketika dalam suatu bangunan yang sangat kokoh dengan dilindungi baja-baja sekalipun maka kematian tetap bisa menghampiri orang yang berlindung tersebut atau ketika kondisi kita sangat segar bugar tanpa ada suatu penyakit pun kita bisa dihampiri oleh kematian. Allah berfirman :

            “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepadanya (Allah), yang mengetahui yang gaib dan nyata, lalu dia beritakan apa yang telah kamu kerjakan (QS Al-Jumu’ah:62)

            Jadi jangan menganggap bahwa kematian masih lama akan menghampiri kita,

            Jadi jangan menganggap bahwa kematian akan datang ketika kita sudah benar-benar tua,

            Jadi jangan menganggap kematian sangat jauh,karena tanpa disadari bahwa setiap detik kita benar-benar dekat dengan kematian.

Ketika kita beraktifitas banyak kemungkinan yang kematian bisa menghampiri kita dalam bentuk dan kondisi yang tidak bisa kita bayangkan,

            Ketika Kita berada dalam sebuah ruangan sangat mungkin kematian datang dalam bentuk gempa yang membuat ruangan tersebut hancur dan reruntuhannya menimpa kita sehingga kita tertimpa dengan sungguh sangat keras sehingga kita meninggal.

            Ketika kita sedang makan dengan lahapnya sangat mungkin kematian datang dalam bentuk makanan tersebut beracun sehingga membuat kita keracunan dan akhirnya meninggal,

            Ketika kita sedang berjalan sangat mungkin kematian datang dengan bentuk paku yang berkarat lalu tanpa sengaja kita menginjaknya sehingga membuat kita sakit yang akhirnya berujung pada kematian

            Ketika kita sedang tidur sangat mungkin kematian datang dalam bentuk kita tidak bisa bangun kembali alias meninggal dan yang tertinggal hanyalah seonggok jasad.

Dan masih banyak kemungkinan lain yang bisa membuat kematian datang menghampiri kita,bahkan tanpa sebuah sebabpun kematian tetap bisa dan mungkin menghampiri kita.

Maka Jangan menganggap bahwa kematian hal yang masih jauh dan masih lama kita untuk mengalaminya.

Kematian bukanlah masalah besar yang harus kita risaukan dan takutkan, tapi kondisi ketika kita menghadapi kematian atau meninggal-lah serta kondisi setelah kita meninggal lah yang harusnya kita risaukan dan takutkan. Setelah kita meninggal bukan berarti perjalanan kita berhenti sampai itu saja tetapi sesungguhnya ada perjalanan kehidupan lain yang akhir-akhir ini banyak manusia melupakannya.

Sebuah perjalanan kealam segala perbuatan kita akan diperlihatkan dan diperhitungkan

Apakah kita termasuk manusia yang akan memasuki Surga Allah?

Ataukah kita termasuk manusia yang akan memasuki Nerakan Allah?

Yang menjawab dan mengetahui jawaban pertanyaan diatas hanya diri kita dan Allah tentunya..

            Lalu akan muncul pertanyaan lain bila kita merasa menjadi Ahli Surga-Nya, bila kita mengaku bahwa diri kita adalah manusia yang akan memasuki Surga-Nya maka apa bukti ataupun jaminan bahwa kita adalah ahli Surga-Nya?

            Kita tidak perlu menjawab dengan lisan pertanyaan diatas yang harus kita lakukan adalah Muhasabah diri dengan segala perbuatan kita…

            Apakah Segala Perbuatan kita adalah perbuatan yang mendatangkan ridha-Nya sehingga tentu saja Surga-Nya telah menjadi jaminan bagi kita??

            Atau apakah Segala perbuatan kita adalah perbuatan yang mendatangkan Murka-Nya sehingga tentu saja neraka-Nya pun telah menjadi Jaminan bagi kita?

            Marilah kita me-Muhasabah diri kita sehingga kita mengetahui jawaban yang manakah yang mencerminkan diri kita….

            Bila kita merasa bahwa kita telah banyak melakukan perbuatan yang mendatangkan murka-Nya maka tidak ada kata terlambat dan tak mungkin untuk suatu Pertobatan. Ingat Allah Maha pengasih dan maha Penyayang maka kita semua masih bisa melakukan pertobatan dan penghambaan kepada Allah SWT yang tentu saja tidak diiringi dengan continuitas melakukan maksiat & Dosa tetapi yang ada adalah memulai dan membiasakan melakukan perbuatan ibadah dalam segala macam bentuknya hanya dengan niat untuk Allah SWT.

            Dan bila anda merasa bahwa diri anda telah banyak melakukan perbuatan yang mendatangkan ridha-Nya ingat kesombongan diri begitu dekat dengan keikhlasan,maka jagalah diri anda dari segala bentuk kesombongan karena kesombongan layaknya api yang membakar kayu amal kita sampai menjadi abu kekosongan dan kehampaan.

            Marilah kita terus bermuhasabah karena pada akhirnyanya kita akan mempertanggung jawabkan segala apa yang telah kita perbuat tanpa perduli itu disengaja maupun tidak disengaja.

Wallahua’alam bisshawab

Alrifqi

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s